Sabtu, 27 Desember 2008

MARI BERKUNJUNG KE SINGKAWANG


INI AJAKAN bagi siapa saja yang membuka blog Singkawang-silaturahim ini. Bagi yang pernah ke Kalbar, pasti pernah mendengar, “kalau belum ke Singkawang, belum sempurna (traveling) jika belum menghirup udara Singkawang”. Begitulah orang berkata. Sedangkan Julukan yg terkenal, bahwa Singkawang adalah “kota Amoy”, “kota Seribu Kuil” atau “Hong Kong Indonesia”.
Dari Pontianak ibukota Prov Kalbar ke Singkawang bisa ditempuh 3 jam (144 KM), melewati sepanjang pantura Kalbar, serta dua kabupaten yg akan dilalui yakni Mempawah dan Bengkayang. Jalan yang ditempuh berkondisi mulus, dengan taksi cukup berogoh Rp. 75 ribu.
Kesan pelancong, bahwa Singkawang udaranya segar, damai, berkesan dan multikultural. Banyak makanan, dan mencarinya pun mudah. Kalau pagi, kita mudah cari tempat makanan, karena banyak kedai kopi dan tempat melepas penat. Kalau malam banyak bertebaran rumah makan yg berpencar, dari kaki lima sampai berkelas. Makanan Khas adalah: tahu-singkawang, mie tiau, choi pau pan dan kue bulan.
Tempat asyik nongrong malam adalah di Pasar Hongkong, taman Burung, sepanjang Diponegoro atau Padang Pasir.
Jika bermalam, sempatkan Anda mengunjungi Pasar Hongkong. Kami Rekomendasikan kayaknya wajib bagi Wisnu/wisman mengunjunginya. Ada kesan tersendiri bila anda kongkow-kongkow disini. Harga terjangkau, dari makanan ringan sampai berat disini ada.
Jika musim durian, rambutan dan langsat bisa sangat murah dan terjangkau. Anda bisa menikmatinya disitu sambil jongkok atau nongkrong. Di sini begitu pemandangannya.
Obyek wisata Singkawang yg menarik adalah suasana kota yg mencerminkan kebersamaan, dimana walau pun dijuluki kota Seribu Kuil, namun banyak juga masjid, gereja yang berdekatan terutama di pusat kotanya.Selain itu Singkawang terkenal keindahan alam, seni dan adat budayanya.
Singkawang 2009 berpenduduk 200 jiwa. Kota kecil peraih adipura yg dinakhodai Hasan Karman dan Edy R Yakub ini, penduduknya multi-etnis dari Sabang-Merauke ada. Namun yang dominan adalah Chinese, Melayu, Dayak dan Jawa.
Obyek wisata di Singkawang ada yg menyuguhkan obyek pantai dan laut, juga ada tempat yg menyuguhkan alam dan gunung, serta taman-wisata yg ditata dan dipadu alami. Selain itu ada juga Wisata Agro, yg menyuguhkan berbagai tanaman koleksi yang dikelola pihak swasta.
Obyek budaya yg menonjol di Singkawang adalah Perayaan Cap Go Me dengan atraksi Tatung yg diarak keliling kota. Tahun 2009 ini akan diselenggarakan pada tanggal 9 Februari 2009. Diperkirakan pelancong akan membanjiri kota Singkawang, maka jika anda sengaja ingin menikmati suasananya segera booking hotel jauh-jauh hari.
Sedangkan adat budaya suku dayak disuguhkan pada acara Naik Dango, serta adat suku Melayu yg disuguhkan saat setiap satu Muharam dan moment acara Agama Islam.
Pesta kembang api selalu ada pada malam tahun baru, Cap Go Me dan acara besar. Nah, seperti pada MTQ Kalbar di Skw, langit merona berpendar-pendar karena kembang api menghiasi Lagit Kota Singkawang.
Ayolah, dimanapun anda, pastikan suatu saat Singgah di Singkawang !

(yance. galaksi@gmail.com).

2 komentar:

  1. Maaf, mungkin choi pau pan bukan cai co pan. Sejenis kue kecil yang menjadi makanan favorite di kalangan etnis Tionghoa. Kue yang berkulit tipis, bertaburan bawang putih goreng. Hmmmm... harumnya sungguh lezat. Isinya bisa bengkuang, rebung muda, dan ku cai. Dicicip di atas daun pisang diberi sambal cabe yang pedas, sungguh nikmatttt.

    -salam-

    BalasHapus

Solusi Atasi Krisis Global Pribadi!